Rabu, 01 April 2015

INFORMASI BIAYA TOUR DAN PEMANDU WISATA CANDI CANGKUANG

Selamat Datang
Wisata Alam Budaya Candi Cangkuang
Dan
Wisata Ziaroh Makom Eyang Arif Muhammad

      Candi Cangkuang yang terletak di kecamatan Leles, kabupaten Garut Candi ini merupakan salah satu Penemuan penting pada zaman lampau, merupakan satu-satunya candi di Jawa Barat yang masih terawat terjaga kelestariannya.

Pohon Cangkuang

            Candi Hindu peninggalan Abad ke 8 yang ini diberi nama Candi Cangkuang, dimana kata Cangkuang diambil dari sebuah nama tanaman sejenis pandan (pandanus furtacus) yang tumbuh disekitar areal candi, Daun Cangkuang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tudung, pembungkus gula aren ataupun tikar, dan buah dari pohon cangkuang ini dipercaya untuk dijadikan obat tradisional.

Ziarah Makam Keramat Eyang Arif Muhammad









             Disekitar Candi terdapat sebuah makam keramat tokoh penyebar Agama Islam yang bernama Embah Dalem Arief Muhammad, yang merupakan leluhur dan cikal bakal berdirinya perkampungan Rumah Adat Kampung Pulo dengan 6 bangunan rumah dan 1 mesjid kecil sebagai simbol keturunan dari Arif Muhammad , 6 rumah melambangkan dengan 6 anak perempuan dan 1 mesjid melambangkan 1 anak laki-laki, dimana jumlah bangunan sampai sekarang tidak boleh lebih atau kurang. Beliau adalah seorang Panglima perang dari Kerajaan Mataram Jawa yang ditugaskan oleh Raja Sultan Agung untuk menyerang VOC di Batavia/Jakarta sekarang. Bagi anda yang akan khusus datang untuk berziarah ke makam Eyang Arif Muhammad, sebaiknya anda tidak datang pada hari rabu menurut ketentuan Adat disana. terkecuali wisatawan untuk bertamasya silahkan bebas berkunjung hari kapanpun antara pukul 07'30wib - 17'00wib.




Transportasi Rakit Cangkuang

Danau Situ Cangkuang



        Hal yang paling unik dan menarik bagi para pengunjung adalah lokasi destinasi wisata candi, makam keramat dan kampung pulo ini terletak di sebuah pulau dengan luas 10 Ha yang di kelilingi oleh danau yang ditumbuhi oleh bunga teratai yang indah, sehingga untuk mencapai zona wisata tujuan, para pengunjung harus menggunakan angkutan tradisional terbuat dari bambu yang disebut rakit, Dimana ongkos naik Rakit Pulang-Pergi hanya Rp. 5000,- untuk dewasa dan Rp. 3000,- untuk Anak-anak




Guide Cagar Budaya Candi Cangkuang
Kang Zaki : Pemandu Wisata Museum Candi Cangkuang


        Untuk para wisatawan umun maupun para pelajar yang melakukan Study Tour maupun City Tour, ke Candi Cangkuang dan ingin mengetahui lebih dalam tentang Sejarah Candi Cangkuang, silahkan saja Anda menuju Situs Museum yang berada berdekatan dengan Candi dan Makam,  dimana akan ada Petugas sekaligus Pemandu yang akan menjelaskan sejarah Candi, Makam Keramat, Sejarah dan kehidupan Masyarakat Kampung Pulo.

        Bagi Anda yang ingin bermalam di Sekitar Lokasi Wisata Candi Cangkuang, Anda Tidak Usah Khawatir karena tersedia Penginapan dekat Candi Cangkuang :
 1. Penginapan Sari Cobek 
 2. Penginapan Santosa
 

INFORMASI BIAYA TOUR ROMBONGAN BUS
WISATA ALAM BUDATA CANGI CANGKUANG
DAN
WISATA RELIGI MAKAM ARIF MUHAMMAD

Kang Budi Parwis
Bekerja di Dinas Periwisata dan Kebudayaan Pemda Garut
Di Saat Libur Kerja, Mengisi Waktu sebagai
Tour Guide dan Tour Leader Biro Wisata Garut

             Saya akan memberikan Informasi Biaya Tour ke Candi Cangkuang dan Wisata Religi Makam Eyang Mbah Dalem Arif Muhammad untuk para Wisatawan dan Jamaah Rombongan Bus.




GARUTAMA TOURS N TRAVEL
Biro Wisata Garut
Dan
Agen Tiket Masuk Online Wisata Garut

HARGA PAKET TOUR CANGKUANG











INFORMASI HARGA PAKET WISATA GARUT
2017-2018
1. Cangkuang - Darajat Rp. 100.000,-/orang
2. Cangkuang - Sabda Alam Rp. 100.000,-/orang
3. Cangkuang - Tirtagangga Rp. 100.00,-/orang
4. Cangkuang - Kawah Kamojang Rp. 100.000,-/orang
5. Cangkuang - Kampung Naga Rp. 100.000,-/orang
INCLUDE ACCOMONDASI
- Tiket Masuk Wisata Tujuan
- 1 x Makan
- 1 x Snack
- Jasa Tour Guide
- Biaya Parkir Selama Tour


                    SAYA SIAP MEMBANTU MENDAMPINGI DAN MENYIAPAKAN SEMUA KEPERLUAN KUNJUNGAN WISATA ANDA KE CANDI CANGKUANG DAN SEMUA TEMPAT WISATA DI GARUT

Kang Budi Parwis
Garut Trip Planner Guide

Reservasi dan Informasi Lebih lanjut ;
Kang Budi Parwis

Mobile
081 321 910 916

Instagram
garut_kangbudi

E-mail
krisbudianto99@gmail.com

2 komentar:

  1. Semoga Wisata Situ Cangkuang senantiasa menjadi pavorit wisatawan Dalam maupun Luar Negeri, Maju & Hidup selalu. Pa Budi Sukses, Candi Cangkuang Mantap,

    BalasHapus